Minggu, 25 April 2010

4 Langkah Membaca dan Menerjemah Kitab Gundul


Umar bin Khattab berkata: "Pelajarilah bahasa Arab sesungguhnya ia termasuk bagian dari agama kalian, dan belajarlah faroidh (ilmu waris) karena sesungguhnya ia termasuk bagian dari agama kalian." (Iqtidho Shirotil Mustaqim).
Mempelajari bahasa arab tidaklah terlalu sulit, namun mempelajari bahasa arab juga bukan hal yang mudah. Ingin saya katakan disini, bahwa mempelajari bahasa arab adalah tidak sesulit apa yang kita bayangkan......


Seperti kita ketahui, banyak literatur-literatur islam atau kitab-kitab ulama terdahulu itu ditulis dengan bahasa arab dan tanpa adanya harokat atau yang lebih dikenal dengan kitab gundul. Sehingga bagi yang belum bisa bahasa arab tentunya hal ini akan menylitkan. Jika kita ingin bisa membaca kitab gundul, maka sebenarnya kita hanya perlu mengetahui 4 tahap:
1. Kapan suatu huruf tersebut dibaca kasroh .
2. Kapan suatu huruf tersebut dibaca dhommah.
3. Kapan suatu huruf tersebut dibaca fathah.
4. Kapan suatu huruf tersebut dibaca sukun.

Jika kita sudah mengetahui kaidah-kaidah diatas, insya Allah kita bisa dengan mudah membaca kitab-kitab para ulama tersebut.  Insya Allah, kita akan bahas 4 tahapan tersebut dengan mengacu pada kitab Empat Lngkah Membaca dan Menerjemah Kitab Gundul .

0 komentar:

Posting Komentar